Contoh Proposal PTK

PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
PELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI KELAS VIII A MTs TARBIYATUL MUTA'ALIMIN
By. JAYA MULYA, M. Pd.I

Bab I Pendahuluan
A. Latar Belakang
Sehubungan dengan kewajiban sebagai guru yang harus meningkatkan profesinya, maka kami sebagai guru menuliskan kembali sebuah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang kedua kalinya agar lebih tahu, mengerti dan memahami kondisi anak didik yang ada di sekolah kami yang khususnya kelas VIII A.
Sebagai mana kondidi ideal yang di utarakan pada Penelitian Tindakan Kelas sebelumnya bahwa;
• Kondisi ideal anak didik
Idealnya anak itu melihat, mendengar memperhatikan pelajaran yang disampaikan oleh pengajar, dikarenakan pelajaran adalah merupakan suatu kebutuhan anak didik itu sendiri untuk bekal dalam hidupnya.
• Kondisi ideal Guru
Guru ideal adalah dambaan peserta didik. Guru ideal adalah sosok guru yang mampu untuk menjadi panutan dan selalu memberikan contoh atau keteladanan. Ilmunya seperti mata air yang tak pernah habis. Semakin diambil semakin jernih airnya. Mengalir bening dan menghilangkan rasa dahaga bagi siapa saja yang meminumnya.
Guru ideal adalah guru yang mengusai ilmunya dengan baik. Mampu menjelaskan dengan baik apa yang diajarkannya. Disukai oleh peserta didiknya karena cara mengajarnya yang enak didengar dan mudah dipahami.
• Kondisi ideal KBM
Suasana yang kondusif, lingkungan sekolah yang aman, nyaman dan tertib, optimisme dan harapan yang tinggi dari seluruh warga sekolah, kesehatan kelas, kegiatan-kegiatan terpusat pada peserta didik sehingga terciptanya suasan dan gairah untuk belajar dan mengajar.

• Kondisi nyata
Mengutamakan perhatian terhadap anak yang kurang merespon pelajaran ternyata masih juga ada anak yang enggan selalu diperhatikan lebih, walaupun ia sebenarnya merasa bersalah hingga ia malas untuk masuk pelajaran yang saya ajarkan, kondisi ini mengakibatkan anak didik yang satu ini kurang nyaman dalam belajar walaupun bagi yang lainya dapat mengikuti dengan aktif dan epektif, ia dan ada beberapa temannya yang sering abtain dalam mata pelajaran ini.

B. Identifikasi Masalah
Mari kita mengidentifikasi masalah yang terjadi terhadap anak didik yang ada di sekolah yang saya ajar;

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bahasa Inggris kls 9 Text "Legend of Lake Batur" by jaya mulya

PROGRAM KERJA GERAKAN PRAMUKA MTs TARBIYATUL MUTA’ALIMIN