PROGRAM KERJA GERAKAN PRAMUKA MTs TARBIYATUL MUTA’ALIMIN
PROGRAM KERJA
GERAKAN PRAMUKA
MTs TARBIYATUL MUTA’ALIMIN
BAB I
KATA
PENGANTA
Marilah
kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Subhaanahu wa Ta’ala yang
telah memberikan rahmat dan karunianya kepada kita sekalian, semoga Allah
Subhaanahu wa Ta’ala senantiasa memberikan bimbingan petunjuk dan
perlindunganNya. Shalawat dan Salam kita marilah kita sama-sama haturkan kepada
junjungan kita Nabi Besar Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam beserta para
keluarga, sahabat, dan pengikut-pengikut beliau sampai akhir zaman.
Suatu perencanaan
merupakan suatu langkah awal dalam meraih kesuksessan dalam melakukan suatu
kegiatan, begitu juga halnya dengan penyusunan Program kerja Geraka Pramuka di
Pangkalan MTs Tarbiyatul Muta’alimin. Isi dari program kerja merupakan arahan dalam
melaksanakan kepramukaan yang lebih baik dan disesuaikan dengan kebutuhan
sekarang. Namun program kerja ini dapat dikatakan masih belum sempurna,
sehingga dapat dihasilkan sesuatu pelaksanaan program kerja yang lebih baik
dalam kepramukaan selanjutnya di Pangkalan MTs Tarbiyatul Muta’alimin.
Adapun
tolak ukur dari program kerja ini disusun berdasarkan sistematika yang sangat
sederhana dan dapat berkesinambungan. Mudah-mudahan program kerja ini dapat
direalisasikan dengan tepat pada sasarannya yaitu peserta didik. Kita menyadari
bahwa semua program kerja yang telah disusun dan akan dilaksanakan dengan
kemungkinan-kemungkinan yang ada pada waktu pelaksanaannya selalu ada hambatan
walaupun tidak seluruhnya, sehingga seorang Pembina Pramuka mengambil jalan
pintas agar semua program dapat diaksanakan dengan baik. Akhirnya, semoga Allah
SWT selalu memberikan dan meridhoi segala perjuangan dan pengorbanan kita dalam
membina peserta didik sebagai generasi penerus yang terampil, cerdas,
disiplin, dan berakhlakul karimah.
Pagaden , Juni 2015
Penulis,
DAFTAR ISI
|
||||
KATA
PENGANTAR
|
…………………………………………………
|
|||
DAFTAR ISI
|
…………………………………………………
|
|||
BAB I PENDAHULUAN
|
||||
A.
|
Latar
Belakang
|
…………………………………………………
|
||
B.
|
Landasan Hukum
|
…………………………………………………
|
||
C.
|
Pengertian
|
…………………………………………………
|
||
D.
|
Tujuan
|
…………………………………………………
|
||
E.
|
Sasaran
|
…………………………………………………
|
||
I.
|
Ruang Lingkup
|
…………………………………………………
|
||
J.
|
Struktur Organisasi
|
…………………………………………………
|
||
K.
|
Pelaksanaan Kegiatan
|
…………………………………………………
|
||
L.
|
Kepengurusan
|
…………………………………………………
|
||
BAB II MEKANISME KERJA DAN
ADMINISTRASI
|
||||
A.
|
Mekanisme Kerja
|
…………………………………………………
|
||
B.
|
Pelaksanaan Latihan/ Kegiatan
|
…………………………………………………
|
||
C.
|
Administrasi Gudep
|
…………………………………………………
|
||
BAB III PROGRAM KERJA
|
||||
A.
|
Bidang Kegiatan dan Latihan
Peserta Didik
|
…………………………………………………
|
||
B.
|
Bidang Pendidikan Orang Dewasa
|
…………………………………………………
|
||
BAB IV ANGGARAN GUDEP
|
||||
BAB V PENUTUP
|
||||
LAMPIRAN-LAMPIRAN
|
BAB I
P
E N D A H U L U A N
A. Latar Belakang
Pendidikan Nasional bertujuan untuk
meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman
dan bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi luhur, berkepribadian, mandiri, maju,
tangguh, cerdas, kreatif, terampil, berdisiplin, beretos kerja,
bertanggungjawab serta sehat jasmani dan rohani.
Untuk mencapai tujuan tersebut,
dilakukan kegiatan melalui jalur sekolah dan jalur luar sekolah,yaitu dengan
ekstrakurikuler, jalur luar sekolah tersebut diantaranya adalah pendidikan oleh
Gerakan Pramuka.
Pendidikan kepramukaan yang
dilaksanakan di sekolah merupakan salah satu kegiatan ektrakurikuler yang
dilaksanakan di sekolah bersangkutan. Kegiatannya dilaksanakan melaui Gugus
Depan Gerakan Pramuka yang berpangkalan di sekolah dan upaya pembinaan melalui
proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Sebuah langkah awal dalam mencapai maksud
dan tujuan Gerakan Pramuka dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dalam
membangun dan menciptakan kader pemimpin masa depan, maka agar pendidikan kepramukaan benar-benar
dapat dilaksnakan sebaik-baiknya dan dapat menunjang pencapaian tujuan
pendidikan nasional.
B. Landasan
Hukum
1. Undang-Undang no.12 tahun 2010 tentang
Gerakan Pramuka
2. Keputusan Musyawarah Nasional Luar Biasa Gerakan Pramuka
Tahun 2012 Nomor: 05/Munaslub/2012 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah
Tangga Gerakan Pramuka.
3. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan
Pramuka Nomor 137 Tahun 1987 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugusdepan
Gerakan Pramuka.
C.
Pengertian
1. Kegiatan Ekstra Kurikuler adalah
kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk
membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat,
dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh
pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di
sekolah/madrasah.
2. Pangkalan adalah tempat kedudukan Gugus
Depan.
3. Gerakan Pramuka adalah organisasi yang
dibentuk oleh pramuka untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan.
4. Gugus Depan adalah satuan pendidikan
dan satuan organisasi terdepan penyelenggara pendidikan kepramukaan.
5. Pembina Pramuka dan Pembantu Pembina
Pramuka adalah Anggota Dewasa yang terlibat langsung dalam proses
penyelenggaraan kepramukaan
6. Pembina adalah guru disekolah yang
aktif dalam gerakan pramuka adalah Pembina yang sama mempunyai hak untuk
memberikan pembinaan.
7. Pembina GUDEP adalah guru yang diberi
wewenang untuk memegang jalanya kegiatan Pramuka yang membawahi
sekurang-kurangnya 24-32 orang penggalang atau 4 regu.
8. Regu adalah kelompok belajar interaktif
teman sebaya usia antara 11-15 tahun yang disebut Pramuka Penggalang.
D. Tujuan
1. Tujuan
program kegiatan ekstrakurikuler di bidang kepramukaan adalah wadah pembinaan
bagi anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-prinsip metodik kepramukaan
yang pelaksanaanya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan , dan perkembangan
bangsa dan Negara, agar:
a. Menjadi manusia
berkepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur yang:
1) beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kuat
mental, emosional, dan tinggi moral
2) tinggi kecerdasan dan mutu keterampilannya
3) kuat dan sehat jasmaninya
b. warga
negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh
kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota
masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara
mandiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa dan
negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan,
baik lokal, nasional, maupun internasional.
2. Tujuan
pembinaan ektrakurikuler di bidang kepramukaan disekolah adalah untuk menunjang kegiatan belajar
mengajar, khususnya di bidang pembinaan kesiswaan dalam pembentukan watak
dan kepribadiansiswa melalui kegiatan kepramukaan.
E. Sasaran
Sasaran yang ingin dicapai dengan
diselenggarakannya pembinaan kepramukaan adalah sebagai berikut :
1. kuat keyakinan beragamanya;
2. tinggi
mental dan moralnya, serta berjiwa Pancasila;
3. sehat, segar dan kuat jasmaninya;
4. cerdas, tangkas dan terampil;
5. berpengetahuan luas dan dalam;
6. berjiwa kepemimpinan dan patriot;
7. berkesadaran
nasional dan peka terhadap perubahan lingkungan;
8. berpengalaman banyak
F. Ruang Lingkup
Ruang lingkup pembinaan Gerakan Pramuka di Pangkalan SMP SWADAYA
Bandar-Lampung , mengacu kepada pola umum Gerakan Pramuka yang meliputi
segala bidang dalam Gerakan Pramuka.
G. Struktur
Organisasi
Struktur
organisasi Gugus Depan Gerakan Pramuka diatur dengan Keputusan Kwartir Nasional
Gerakan Pramuka Nomor 231 Tahun 2007 tentang Petunjuk Penyelenggaraan
Gugusdepan Gerakan Pramuka. (terlampir).
H. Pelaksanaan Kegiatan
1. Pelaksanaan pembinaan Gerakan Pramuka di Pangkalan SMP SWADAYA Bandar-Lampung mengacu kepada prinsip dasar metodik kepramukaan
yang Menggunakan pandangan dan
memerlukan tiap peserta didik sebagai mahluk Tuhan,mahluk pribadi dan
mahluk sosial.
2. Para pendidik merupakan subjek didik,
yang ikut menetukan ragam kegiatan kepramukaan,
yaitu dengan memperhatikan minat, bakat,kemampuan dan kebutuhan mereka.
3. Kerpamukaan juga dilandasi dengan ;
a. Pendidikan yang berpusat pada Allah SWT
sebagai bentuk kepercayan agama Islam.
b. Pendidikan yang bersifat pada anak dan
pemuda, yaitu bahwa kegiatannya dilakukan atas
prakarsa mereka dari, oleh danuntuk
mereka sendiri, serta oleh mereka pula meskipun tetap di bawahtanggungjawab
orang dewasa.
c. Pendidikan yang berpusat pada
masyarakat yaitu bahwa kegiatannya
disesuaikan dengan keadaan, kemampuan, harapan dan kebutuhan masyarakat.
I. Kepengurusan
Susunan Pengurus Gugus Depan;
a. Ka. Mabigus
b. Pembina Gudep Putra/Putri
c. Pembantu Pembina Putra/Putri
d. Anggota (Siswa)
BAB
II
MEKANISME
KERJA DAN ADMINISTRASI
A. Mekanisme Kerja
Kedudukan
Gudep sebagai wadah keanggotaan bagi pesertadidik yang berpangkalan di SMP SWADAYA Bandar lampung. Perencanaan dan pelaksanaan kegiatan Pramuka pada Gudep
yang berpangkalan di sekolah mendapat persetujuan
kepala sekolah selaku Ketua Mabigus.
B. Pelaksanaan Latihan / Kegiatan
1. Pelaksanaan
latihan/Kegiatan golongan peserta didik dilakukan di pangkalan.
2. Pelaksanaan
kegiatan dilakukan sebanyak mungkin dengan praktik dan tetap memperhatikan
ketertiban, keamanan, berupa kegiatan nyata yang memberi kesempatan kepada
peserta didik menerapkan pengetahuandan kecakapan yang sesuai dengan usia,
kemampuan jasmani dan rohani.
3. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara praktis, yaitu;
sederhana, mudah, memanfaatkan sumber daya yang ada, dan menghemat biaya,
tetapi berhasil dan tepat guna.
4. Pelaksanaan
latihan/Kegiatan berupaya mencapai AD Gerakan Pramuka.
5. Pelaksanaan kegiatan disusun secara berkala dalam program
(terlampir).
C. Administrasi GUDEP
Administrasi
Gugus Depan merupakan alat bantu bagi kelancaran jalannya Gugus Depan. Maka
dari itu, di bawah ini beberapa contoh administrasi yang ada di Gugus Depan
dengan format terlampir.
1.
Buku Induk
a.
Nomor urut
b.
Nomor induk
c.
Nomor tanda anggota
d.
Nama anggota serta golongan
e.
Agama
f.
Golongan darah
g.
Sekolah atau pekerjaan
h.
Nama orang tua
i.
Catatan pelantikan dan tingkat atau
golongan usia
j.
Keterangan lain
2.
Buku Keuangan
3.
Buku Rislah Rapat
4.
Buku Inventaris Barang
5.
Buku Kegiatan
6.
Buku Harian
7.
Buku Data Pribadi
8.
Buku Program kerja
BAB III
PROGRAM
KEGIATAN
A. Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta
Didik
1.
Pencapaian SKU
2.
Meningkatkan latihan Pramuka Penggalang
dari pengglang
-
Ramu
-
Rakit
-
Terap
3.
Pencapaian SKK
Berupaya
mencapai 10 macam SKK Wajib meliputi :
-
2 macam SKK keagamaan
-
2 macam SKK patriotisme dan seni budaya
-
2 macam SKK ketangkasan dan kesehatan
-
2 macam SKK keterampilan dan tehnik
pembangunan
-
2 macam SKK social, kemanusian,
gotong-royong, ketertiban masyarakat dan lingkungan hidup.
4. Danpinru 1 kali
5. Persami (daerah dekat) 1 kali
6. Perkemahan jauh 1 kali
7. Lomba tingkat 1 kali
8. Bahkti Masyarakat
B. Kegiatan Pendidikan Orang Dewasa
1. Mengikutsertakan Pembina atau Pembantu
Pembina dalam pendidikan seperti KMD, KML, KPD, KPL atau diklat lainnya.
2. Mengikutsertakan Pembina GUDEP/
Pembantu Pembina pertemuan-pertemuan di Kwarran/Kwarcab.
BAB
IV
ANGGARAN
GUDEP
Anggaran GUDEP diperoleh dari :
1. Iuran anggota yang besarnya ditentukan
oleh musyawarah GUDEP
2. Anggaran Pramuka yang pungut dari siswa
melalui daftar ulang besarnya ditentukan dalam musyawarah GUDEP
3. Bantuan dari masyarakat yang tidak
mingikat
4. Usaha-usaha lain yang tidak
bertentangan dengan perturan perundang-undangan, Anggaran Dasar dan Anggaran
Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
BAB
V
P
E N U T U P
Akhir kami
mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah
memberikan kepercayaan pada kami, sehingga kami dapat membantu dalam sesuai dengan kemampuan yang kami miliki saat ini.
Selanjutnya, kami mohon maaf sebesar-besarnya jikalau dalam kegiatan di
lapangan maupun pengadaan administrasi yang kami buat jauh dari sempurna, kami
mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi terwujudnya kegiatan
dan program yang lebih baik di masa yang akan datang.
LAMPIRAN
STRUKTUR
ORGANISASI PASUKAN PENGGALANG GUGUS DEPAN
PANGKALAN MTs TARBIYATUL MUTA’ALIMIN
MABIGUS
|
PEMBINA GUDEP
|
||||||||||
DEWAN KEHORMATAN
PENGALANG
DEWAN PENGGALNG
|
PASUKAN
2 ORG PEMBINA
2 ORG P. PEMBINA/ PELATIH
|
||||||||||
PRATAMA PUTRA
PRATAMA PUTRI
|
|||||||||||
PEMIMPIN REGU
WK. PEMIMPIN
ANGGOTA (5-10 ORG)
|
PEMIMPIN REGU
WK. PEMIMPIN
ANGGOTA (5-10 ORG)
|
PEMIMPIN REGU
WK. PEMIMPIN
ANGGOTA (5-10 ORG)
|
|||||||||
FORMULIR
PENDAFTARAN CA.PASTRIKARTRI
GERAKAN PRAMUKA
GUGUS DEPAN...................... PANGKALAN MTS TARBIYATUL MUTA’ALIMIN
TAHUN
PELAJARAN 2013-2014
1.
|
Nama Lengkap
|
:
|
|
||
2.
|
Tempat/ Tanggal
Lahir
|
:
|
......................................................................
|
||
3.
|
Agama
|
:
|
.......................................................................
|
||
4.
|
Nama Orang Tua/
Wali
|
:
|
..........................................................................................
|
||
5.
|
Perkerjaaan
Orang Tua/ Wali
|
:
|
..........................................................................................
|
||
6.
|
Anak ke
|
:
|
..........................................................................................
|
||
Jumlah Saudara
|
:
|
Pa....... Orang/
Pi....... Orang
|
|||
7.
|
Golongan Darah
|
:
|
..........................................................................................
|
||
8.
|
Alamat Rumah
|
:
|
..........................................................................................
|
||
..................................................................................................................................................
|
|||||
9.
|
Bakat dan Hobi
|
:
|
..........................................................................................
|
||
..................................................................................................................................................
|
|||||
10.
|
Hal yang perlu
diperhatikan (kebiasaan, Kesehatan, Bahasa yang dikuasai):
..........................
|
||||
..................................................................................................................................................
|
|||||
..................................................................................................................................................
|
|||||
11.
|
Pemgalaman dalam
Kepramukaan Tahun :
|
||||
Sebagai
............................................................................................
|
Tahun
............
|
||||
Sebagai
............................................................................................
|
Tahun
............
|
||||
Sebagai ............................................................................................
|
Tahun
............
|
||||
Lain-lain
:..................................................................................................................................
|
|||||
Pagaden, Juli 2013
Mengetahui,
(..............................................)
NIS :
DAFTAR INDUK/ NTA
..........................
GERAKAN
PRAMUKA GUGUS DEPAN ...............................
PANGKALAN MTS
TARBIYATUL MUTA’ALIMIN
nNNo
|
No. Induk
|
NTA
|
Nama
|
Gol. Darah
|
Nama Orang Tua/
wali
|
Pekerjaan Orang
Tua/ wali
|
Tingkat
|
Ket
|
PENERIMAAN
DAN PENGELUARAN UANG
GUGUS DEPAN ...................................
PANGKALAN MTS TARBIYATUL MUTA’ALIMIN
Bulan :
.............................
TANGGAL
|
URAIAN
|
NO. BUKTI
PENERIMAAN (Rp)
|
PENGEKUARAN (Rp)
|
KET
|
Pagaden,
............................... 2015
Pembina GUDEP
(Jaya Mulya,M.Pd.I., M.G.)
DAFTAR
INVENTARIS
GUGUS DEPAN .............................
PANGKALAN MTS TARBIYATUL MUTA’ALIMIN
No
|
Nama Barang
|
Merk/ Type Kode
Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga
|
Cara/ Tgl.
Pengadaan
|
Kondisi/ Ket
|
BUKU
TAMU GUGUS DEPAN ...................................
PANGKALAN MTS TARBIYATUL MUTA’ALIMIN
No
|
Nama
|
Alamat
|
Jabatan
|
Tujuan
|
Saran/ Pesan
|
Paraf
|
LAPORAN
PER SEMESTER, DATA DAN
KEGIATAN
GUGUS DEPAN .....................................
PANGKALAN MTS TARBIYATUL MUTA’ALIMIN
I.UMUM
1. Gugus Depan :
2. Alamat :
3. Tempat Berlatih :
II. KEANGGOTAAN
1. Orang Dewasa
a. Pembina Gugus
Depan :
b. Pembina dan
Pembantu Penggalang :
2. Peserta Didik
a. Penggalang Pa
Ø Ca. Paskit : orang
Ø Ramu : orang
Ø Rakit : orang
Ø Terap : orang
b. Pengalang Pi
Ø Ca. Paskit : orang
Ø Ramu : orang
Ø Rakit : orang
Ø Terap : orang
3. Laporan Tingkat
TKK
III. KEGIATAN
1. Gugus Depan
2. Pasukan Penggalang
IV. KEUANGAN
1. Pemasukan : Rp
2. Pengeluaran : Rp
Saldo :
Rp
Dukungan Kegiatan (dilampirkan)
V. PENUTUP
Bandar
lampung,................. 2013
Pembina Gudep Pratama
Putra MTs Tarbiyatul Muta’alimin
Pagaden
(................................) (................................)
NIP. NTA.
Mengetahui/ Menyetujui,
Ka. Mabigus MTS TARBIYATUL MUTA’ALIMIN
(................................)
NIP
CATATAN
PRIBADI PASTRIKARTRI
MTS TARBIYATUL MUTA’ALIMIN
1.
|
Nama Lengkap
|
:
|
|
||||
2.
|
Tempat/ Tanggal
Lahir
|
:
|
|||||
3.
|
Agama
|
:
|
|||||
4.
|
Masuk Pramuka
Tanggal
|
:
|
|||||
5.
|
Sifat yang perlu
dikembangkan :
|
||||||
6.
|
Sifat-sifat yang
kurang baik perludikurangi :
|
||||||
7.
|
Kepemimpinan
yang pernah dialami/ diikiuti :
|
||||||
8.
|
Peristiwa-peristiwa
penting selama menjadi anggota pramuka :
|
||||||
9.
|
Observasi
terhadap pribadi anggota :
|
||||||
Kecerdasan
|
:
|
||||||
Gotong-royong
|
:
|
||||||
Disiplin
|
:
|
||||||
Kegembiraan
|
:
|
||||||
Suka menolong/membantu
|
:
|
||||||
Kejujuran
|
:
|
||||||
Inisiatif
|
:
|
||||||
Kepribadian/mentalitas
|
:
|
||||||
Kreatifitas
|
:
|
||||||
Pengabdian
|
:
|
||||||
No.
|
Peristiwa Penting
|
Tanggal
|
Tempat
|
||||
1.
|
Naik golongan
penggalang
|
||||||
2.
|
Dilantik penggalang
|
||||||
3.
|
Menjadi
penggalang ramu
|
||||||
4.
|
Menjadi
penggalang rakit
|
||||||
5.
|
Menjadi
penggalang rakit
|
||||||
10.
|
Kepramukaan/kegiatan
lain yang pernah diikuti
|
||||||
11.
|
Penyakit/gangguan
kesehatan yang pernah diderita
|
||||||
12
|
Mutasi anggota tanggal
|
||||||
PROGRAM
KERJA 4 BULAN PASUKAN PENGGALANG
BULAN
OKTOBER s.d
JANUARI
PERIODE
2015-2016
NO
|
KEGIATAN
|
BULAN
|
JUMLAH PENGGALaNG
|
KET
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Penerimaan kenaikan
golonga Siaga Ke Golongan Penggalang
|
||||||
2
|
Latihan SKU Penggalang
Ramu
|
||||||
Ujian SKU Penggalang Ramu
|
|||||||
Pelantikan Penggalang
Ramu
|
|||||||
Latihan SKU Penggalang
Rakit
|
|||||||
3
|
Ujian SKU Penggalang
rakit
|
||||||
Kenaikan Tingkat
Penggalang
|
|||||||
Ramu ke Penggalang Rakit
|
|||||||
Latihan SKU Penggalang
Terap
|
|||||||
4
|
Ujian SKU Penggalang
Terap
|
||||||
Kenaikan Tingkat
Penggalang Rakit ke Penggalang Terap
|
|||||||
5
|
Latihan SKK .............
|
||||||
Ujian SKK
................
|
|||||||
Penyematan
SKK..............
|
|||||||
6
|
Gladian Pimpinan Regu
|
||||||
7
|
Perkemahan dekat
(Persami)
|
||||||
8
|
Perkemahan jauh
|
||||||
9
|
Lomba Tingkat 1
|
||||||
10
|
Bhakti Masyarakat
|
||||||
11
|
Kegiatan lainnya........
|
Mengetahui,
Ka. Mabigus Pembina
GUDEP
DRS H.M. SYANSUDIN Z. JAYA
MULYA, M.Pd.I, M.G.
PROGRAM KERJA TAHUNAN PASUKAN PENGGALANG
GUGUS DEPAN ............................ PANGKALAN MTS TARBIYATUL MUTA’ALIMIN
PERIODE 2015-2016
NO
|
KEGIATAN
|
BULAN
|
KET
|
|||||||||
10
|
11
|
12
|
01
|
02
|
03
|
04
|
05
|
06
|
07
|
|||
1
|
Penerimaan kenaikan
golonga Siaga Ke Golongan Penggalang
|
|||||||||||
2
|
Latihan SKU Penggalang
Ramu
|
|||||||||||
Ujian SKU Penggalang Ramu
|
||||||||||||
Pelantikan Penggalang
Ramu
|
||||||||||||
Latihan SKU Penggalang
Rakit
|
||||||||||||
3
|
Ujian SKU Penggalang
rakit
|
|||||||||||
Kenaikan Tingkat
Penggalang
|
||||||||||||
Ramu ke Penggalang Rakit
|
||||||||||||
Latihan SKU Penggalang
Terap
|
||||||||||||
4
|
Ujian SKU Penggalang
Terap
|
|||||||||||
Kenaikan Tingkat
Penggalang Rakit ke Penggalang Terap
|
||||||||||||
5
|
Latihan SKK .............
|
|||||||||||
Ujian SKK
................
|
||||||||||||
Penyematan
SKK..............
|
||||||||||||
6
|
Gladian Pimpinan Regu
|
|||||||||||
7
|
Perkemahan dekat
(Persami)
|
|||||||||||
8
|
Perkemahan jauh
|
|||||||||||
9
|
Lomba Tingkat 1
|
|||||||||||
10
|
Bhakti Masyarakat
|
|||||||||||
11
|
Kegiatan lainnya........
|
Mengetahui,
Ka. Mabigus Pembina
GUDEP
DRS H.M. SYANSUDIN Z. JAYA
MULYA, M.Pd.I, M.G.
JADWAL ACARA LATIHAN
Hari :
………………………..
Tanggal :
………………………..
Waktu :
………………………..
No
|
Waktu
|
Sasaran
|
Acara
|
Alat
|
Petugas
|
Ket
|
|
Pokok
|
Pengganti
|
||||||
JADWAL ACARA LATIHAN
Hari :
………………………..
Tanggal :
………………………..
Waktu :
………………………..
Pokok Permasalahan : ………………………..
Pencatat : ………………………..
No
|
Permasalahan
|
Pemecahan
|
Keterangan
|
Komentar
Posting Komentar